Selasa, 02 November 2010

Ilmu riyadiyhat


Ilmu riayadiyat adalah imu yang mempelajari atau yang membahas tentang ilmu pasti.Misalnya ilmu kimia, ilmiu hitung (arithmatiks) ilmu fisiska, Ilmu biologi, Ilmu geografi, dan lain-lain.
Ilmu pasti telah meninggalkan jejak-jejak bagian orng islam yang tidak dapat dihapuskan dalam perkembanganya  Istilah-istilah agebra (aljabar), Zero, titik nol, dan sebagainya Adalah bagian dari bahasa Arab. 
Sifat asli dari ilmu islam ini adalah teanan yang diberikan pada percobaan dan penelitian tanpa perasangka –perasangka. Cara Arab adalah sangat unik dan gaib. Para pengarang telah memulai pelajaran imu-ilmu merekadengan persiapan-persiapan kamus yang digolongkan tentang istilah-istilah tehnisYang telah didapatkan di dalam bahasa mereka sendiri.Dengan kebiasaan yang luar biasa , lama membongkar semua kitab puisi dan prosa untuk mengumpukan istilah-istilah dengan kutipan-kutipan  yang berguna di dalam masing- masing cabang dengan terpisah sebagaimana ilmu kimia, ilmiu hitung (arithmatiks) ilmu fisiska, Ilmu biologi, Ilmu geografi, dan lain-lain.Tiap-tiap generasi yang berganti-ganti telah meninjau kembali karya-karya orang terdahulu untuk menambahkan disitu sesuatu yang baru.
Semua ilmu-ilmu tersebut membahas dan mengkaji berbagai materi (benda) alam yang ada di bumi. Pembahasan mengenai ilmu ilmu tersebut akan kemukakan dalm pembahasan berikut ini :
  1. Ilmu Kimia
Kata kimia berasal dari bahasa Yunani yang dipakai oeh bahasa Arab pada awal peradaban islam, tetapi pengertianya terbatas kepada eliksir (bahan kimia) yang digunakan untuk mengubah ogam murah menjadi emas dan perak. Karena itulah maka pengertian kimia menurut orang-orang  dahulu adalah mengubah benda-benda alam seperti barang tambang dan lainnya. Menjadi bagian-bagian yang  utama ,yakni menjadi unsur-unsur awal mula pembentukannya melalui prses pencairan , sublimasi (pemurnian), dan destilasi (penyntigan) dengan caramengubah bentuk nya yang bersifat alami yang melalui penetesan zat kimia yang mereka sebut dengan eliskir. Sedangkan pengertian kimia dalam pandangan masyarakat modern dewasa ini adalah ilmu yang membahas tentang berbagai karakter benda benda alam melalui proses kimiawi. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwailmu kimia merupakan dasar teknogi dan industri yang sangat mencengangkan sebagaimana yang kita saksika dewasa ini.

1 komentar: